3 Kesempatan Anies dan Sandi Meriahkan Malam Tahun Baru 2018

Pengunjung beraktivitas di sekitar panggung hiburan untuk perayaan malam Tahun Baru di Monas, Jakarta, Sabtu (30/12). Pemprov DKI Jakarta menjadikan monas sebagai tempat pusat perayaan pergantian malam Tahun Baru 2018. (/Immanuel Antonius)

Malam Tahun Baru 2018 Ragam kegiatan akan menyemarakkan malam tahun baru 2018 di sejumlah daerah. Acara tersebut dikemas secara apik agar masyarakat dapat menikmatinya.

Tak terkecuali di Jakarta. Pemprov DKI akan menyajikan pertunjukan menarik bagi warganya pada malam tahun baru nanti. Pertunjukan ini berupa seni hiburan dari artis-artis ternama hingga pesta kembang api.

Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, perayaan tahun baru tersebut dibalut dalam kegiatan festival. Diharapkan acara ini dapat menambah persatuan warga.

“Pokoknya festival, insyaallah bisa meningkatkan budaya dan mempersatukan warga. Kita mulainya sih dari jam 19.00 ya,” ujar Sandiaga.

Tak hanya itu, ada kegiatan lainnya yang dilakukan oleh Anies-Sandi pada malam tahun baru nanti. Apa saja? Ini ulasannya:

 

1 dari 4 halaman

  1. Nikah Massal

Ilustrasi pernikahan (Reference)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar acara nikah massal untuk memeriahkan perayaan malam tahun baru 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Lapangan Parkir Jalan MH Thamrin 10, Jakarta Pusat.

Dari agenda yang diterima, acara nikah massal akan dimulai pada pukul 20.00 WIB sampai jam 22.00 WIB. Pada pukul 19.30, rombongan akan menuju Panggung Nikah Massal Jl MH Thamrin Jakarta Pusat.

“Melalui nikah masal itu, kami menginginkan agar setiap pasangan yang menikah memiliki kelengkapan surat atau administrasi yang dikeluarkan oleh Kantor Urusan Agama (KUA), bukan hanya melangsungkan pernikahan secara syariat,” kata Asisten Pemerintahan Sekda DKI Bambang Sugiyono di Jakarta, Minggu (31/12/2017).

Untuk menunjang acara tersebut, menurut dia, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan sebanyak 110 penghulu yang akan mengurus surat-surat administrasi pernikahan bagi seluruh mempelai.

“Akan ada kurang lebih 500 pasangan yang akan mengikuti acara nikah massal tersebut. Dari tiap-tiap kelurahan, terdiri dari dari dua pasangan. Dalam acara itu, kami juga siapkan 110 penghulu,” ujar Bambang.

Dia menuturkan, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dijadwalkan akan menghadiri acara nikah massal tersebut.

 

2 dari 4 halaman

  1. Car Free Night

Perayaan Car Free Night (CFN) terbilang sepi peminat. Warga lebih memilih menghabiskan malam tahun baru ke kawasan Monas, Jakarta Pusat. (/Ahmad Romadoni)

Perayaan malam tahun baru 2018 di Jakarta akan diisi beragam acara. Tak ketinggalan pula adalah car free night yang akan diadakan pada Minggu malam, 31 Desember 2017.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengatakan, selama perayaan malam tahun baru, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melakukan penutupan jalan dan pengalihan lalu lintas yang akan berlangsung pada Minggu, 31 Desember 2017 pukul 19.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB.

Kabar Trending – Lokasi penutupan di Taman Monumen Nasional (Monas) dan sepanjang jalan mulai Jalan Medan Merdeka Barat (Patung Kuda), Jalan MH Thamrin (Bundaran HI) hingga Jalan Jenderal Sudirman sampai dengan Dukuh Atas.

“Akan dilakukan penutupan jalan selama acara berlangsung secara bertahap mulai 31 Desember 2017 pukul 17.00 WIB sampai dengan 1 Januari 2018 pukul 01.00 WIB dengan memperhatikan situasi di lapangan,” ujar Sigit dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (30/12/2017).

Dia mengatakan, penutupan dimaksud untuk mengondisikan sekaligus mensterilkan lokasi acara malam pergantian Tahun Baru 2018 dari kendaraan bermotor untuk selanjutnya dilakukan persiapan acara.

 

3 dari 4 halaman

  1. Pusatkan Kegiatan di 2 Titik

Kemeriahan kembang api menghiasi malam pergantian tahun 2017 di Pantai Lagoon, Ancol, Jakarta (1/1). Warga ibukota memadati kawasan Ancol sebagai pusat perayaan malam pergantian tahun baru dengan menikmati pesta kembang api. (/Gempur M. Surya)

Pemprov DKI akan menggelar sejumlah acara pada malam tahun baru. Perhelatan itu akan dipusatkan di dua tempat yang berbeda.

“Tahun baru nanti di Jakarta akan ada beberapa kegiatan. Secara umum ada dua pusat, yaitu di Monas dan di Ancol,” ujar Gubernur DKI Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta, Selasa (19/12/2017).

Anies menambahkan, dalam acara itu akan digelar beragam hiburan. Seperti kuliner yang menyajikan makanan khas seluruh Indonesia, pagelaran musik, konser, pertunjukan kembang api, dan atraksi lainnya.

“Kita berharap perayaan tahun barunya berjalan dengan lancar dan aman tanpa ada masalah. Warga Jakarta bisa mulai tahun baru dengan semangat baru untuk berkarya,” ujar Anies.