5 Tips Untuk Sukses Dalam Wawancara Kerja

5 Tips Untuk Sukses Dalam Wawancara Kerja
5 Tips Untuk Sukses Dalam Wawancara Kerja
5 Tips Untuk Sukses Dalam Wawancara Kerja

Berita Trending Terkini – Sedikitnya lapangan pekerjaan yang tersedia, membuat banyak orang saling bersaing untuk mendapatkan pekerjaan.

Jika Anda sedang mencari pekerjaan, dan akan memasuki tahap wawancara kerja, sebaiknya Anda mengikuti tips ini. Mengutip dari laman Magsforwoman, berikut lima tips pada saat wawancara kerja.

1. Ceritakan ketertarikan Anda terhadap perusahaan

Jika Anda ingin bekerja di suatu perusahaan, Anda harus mengenali perusahaan tersebut dengan jelas. Lakukan sedikit penelitian tentang profil perusahaan tersebut, meliputi visi-misi, penghargaan perusahaan, hingga segmentasi perusahaan tersebut. Jangan lupa juga menceritakan seberapa besar rasa ketertarikan Anda terhadap perusahaan tersebut.

2. Beritahukan pengalaman kerja Anda

Pada saat wawancara kerja, penting bagi Anda untuk menjelaskan pengalaman kerja Anda dan keterkaitan pengalaman tersebut dengan lowongan pekerjaan yang sedang Anda incar. Yakinkan pewawancara Anda adalah orang yang berpengalaman, dan orang terbaik untuk posisi tersebut.

3. Perlihatkan portfolio Anda

Portfolio adalah hal terpenting yang harus Anda bawa pada saat wawancara kerja. Anda harus meyakinkan pewawancara dengan memperlihatkan hasil pekerjaan Anda dalam portofolio tersebut. Pewawancara biasanya akan mempercayai kemampuan Anda, setelah melihat portfolio Anda.

4. Tunjukkan sikap yang santun

Bukan hanya jawaban Anda, sikap Anda saat menjawab juga akan dinilai oleh pewawancara. Usahakan untuk tidak bertingkah laku aneh-aneh, dan tetap fokus pada pertanyaan pewawancara. Selain itu, usahakan melakukan perkenalan diri dengan sopan dan santun.

5. Jelaskan rencana karier Anda

Anda harus menjelaskan alasan mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan tersebut. Ceritakan tentang bagaimana perusahaan tersebut akan membantu perkembangan karir Anda.

Jelaskan juga bahwa Anda adalah orang yang berkomitmen, terutama dalam hal karier. Selain itu, katakan jika perusahaan membantu Anda untuk berkembang, Anda akan berkontribusi secara penuh untuk membuat perusahaan berkembang.