Berhabaya Menyimpan 6 Bahan Makanan Ini di Dalam Kulkas, lihat no.4

Berhabaya Menyimpan 6 Bahan Makanan Ini di Dalam Kulkas, lihat no.4

Berikut ini ada daftar 6 bahan makanan yang seharusnya tidak disimpan dalam kulkas.

Sayur dan Buah Sehat Kulkas atau lemari es selalu menjadi andalan ibu rumah tangga untuk menyimpan makanan supaya terjaga kualitasnya. Aktivitas memasak jadi lebih mudah karena bahan-bahan makanan tinggal ambil di kulkas, tidak setiap hari berbelanja di pasar.

Tapi ternyata tidak semua makanan boleh disimpan dalam kulkas. Bukannya malah awet dan segar, yang ada kualitasnya malah menurun, cepat busuk dan bikin bau. Bukannya untung yang ada malah buntung. Berikut ini ada daftar 6 bahan makanan yang seharusnya tidak disimpan dalam kulkas.

  1. Bawang dan Daun Kemangi

Selain aromanya yang kuat, suhu dingin akan membuat bawang merah dan putih lebih cepat rusak dan busuk. Simpan saja di tempat terbuka, jangan disimpan di kulkas, karena kulkas Anda akan beraroma bawang.

Daun kemangi akan cepat layu, kehilangan aroma dan rasa apabila disimpan di kulkas. Untuk menyimpan daun kemangi, Anda bisa merendam bagian bawah batangnya dengan segelas air dan simpan di dalam suhu ruangan.

  1. Saus dan Rempah-rempah

Rempah-rempah yang alami tidak membutuhkan pendinginan sekali pun, karena di suhu ruangan adalah suhu terbaik untuk menjaga rasa dan kualitas dari rempah-rempah. Sementara untuk saus jika ditaruh dalam kulkas, akan mengurangi kualitas rempah di dalamnya malahan bisa lebih cepat membusuk. Sebaiknya saus disimpan di suhu ruangan, meskipun di suhu ruangan saus pun dapat bertahan lama.

  1. Kentang dan Tomat

Ternyata suhu dingin membuat kentang lembab sehingga cepat busuk. Jadi cukup simpan di tempat terbuka, tetapi jangan simpan bersebelahan dengan bawang putih atau merah. Sebaliknya, tomat akan lebih cepat matang di dalam kulkas. Cocok buat Anda yang ingin segera memasak dengan tomat tapi sebaliknya, jika ingin tahan lama, cukup Anda simpan di suhu ruangan.

  1. Melon, Alpukat, Beri dan Pisang

Menyimpan buah dan sayuran di kulkas ternyata tak bisa sembarangan. Tak semua jenis buah dan sayuran boleh disimpan di kulkas. Apabila melon masih utuh, jangan dimasukkan kulkas, karena sifat aktioksidan yang berguna untuk tubuh kita akan hilang. Kalau sudah di potong-potong Anda bisa menyimpannya tapi jangan terlalu lama.

Sementara itu, Alpukat yang masih mentah (masih keras) jangan disimpan langsung di lemari es, karena memperlambat proses pematangan. Alpukat yang sudah sangat matang saja yang harus disimpan di kulkas.

Untuk buah beri, Anda harus segera memakannya sejak dipetik dari pohonnya. Apabila disimpan di kulkas akan mengakibatkan beri mengering dan rasanya tidak segar lagi.

Kabar Trending – Hayo, siapa yang masih menyimpan pisang dalam kulkas? Hanya dalam beberapa jam saja, pisang bisa berubah jadi cokelat / hitam lho setelah ditaruh dalam kulkas. Jika terlalu lama malah akan cepat busuk. Jadi, simpanlah pisang di suhu ruangan.

  1. Madu dan Minyak

Suhu dingin akan membuat madu lebih pekat, mengeras bahkan mengkristal. Selain itu, nutrisi dalam madu juga hilang. Jadi, tidak disarankan menyimpan madu dalam kulkas. Segala macam minyak, mulai dari minyak zaitun, minyak kelapa atau pun minyak goreng jangan disimpan di kulkas, karena akan membuat minyak menjadi kental dan keruh. Menyimpan minyak terbaik adalah di suhu ruangan.

  1. Roti

Memasukkan roti dalam kulkas akan membuat roti menjadi keras. Karenanya cukup disimpan di suhu ruang di plastik saja. Apalagi seperti roti tawar memang sudah jelas tanggal kadaluwarsanya. Mulai sekarang betul-betul harus tahu ya bahan makanan apa aja yang boleh dan tidak disimpan dalam kulkas. Menghadapi bahan makanan yang berbeda-beda jenisnya, tentu di rumah butuh kulkas yang memiliki kompartemen terpisah untuk buah, sayuran, ikan, dan bahan makanan lainnya.