Bulan Oktober, Jalan Ini Tidak Diizinkan Untuk Sepeda Motor Lagi

Kabar Trending, Bertita Umum, Jalur Sepeda Motor, Pergantian Rute Sepeda Motor, Jalur Sepeda Motor Jakrata, Berita Lalu Lintas Jakarta, Berita Seputar Ibukota, Berita Jakarta

Pembatasan Ini Direncanakan Oleh Pemda DKI Jakarta

Berita Terbaru Seputar Jakarta – Pemda DKI Jakarta saat ini memang sedang melakukan pembatasan lalu lintas bagi sepeda motor di beberapa kawasan di Jakarta. Bersama dengan pihak Polda Metro Jaya, pemerintah ingin menciptakan kondisi lalu lintas yang lebih efektif dan juga efisien.

Berdasarkan data yang diterima, dalam waktu 5 tahun ini, pertumbuhan roda dua atau sepeda motor rata – rata mencapai 9,7 persen hingga 11 persen. Sementara untuk roda 4 rata – rata 7,9 persen sampai 8,75 persen. Namun pertumbuhan kendaraan bermotor ini tidak diimbangi dengan penambahan infrastruktur yang hanya berkisar 0,01 persen dan dampaknya terjadi pada peningkatan volume di kawasan – kawasan tertentu.

Ketika melakukan rapat koordinasi pada tanggal 15 Agustus silam, AKBP Budiyanto selaku Kasubdit Bid Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya menjelaskan bahwa prsoes ini nantinya akan dilakukan secara bertahap. “Akan dilakukan secara bertahap ya. Kita sudah lakukan focus group discussion (FGD) pada tanggal 8 Agustus lalu. Rencananya tahap sosialisasi akan dilakukan pada 21 Agustus hingga 11 September 2017,” ujarnya.

Setelah sosialisasi nanti, akan dilaksanakan rapat persiapan uji coba pada 5 September, kemudian dilanjutkan dengan penyiapan SK Kadishub atau uji coba pada 11 september. Disusul lagi uji coba pada 12 September sampai 10 Oktober 2017, evaluasi 14, 20, dan juga 20 September, serta terakhir penyiap Pergub serta penerapan pada 11 Oktober mendatang.

Kawasan yang nantinya akan diusulkan oleh Dinas Perhubungan ke Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) yaitu ruas jalan Sudirman mulai dari Bundaran HI hingga Bundaran Senayan, kemudian ruas jalan HR Rasuna Said, Jalan Sudirman hingga Imam Bonjol. Waktu yang akan diberlakukan mulai dari 06.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Berita Umum – Kawan yang diusulkan oleh forum lalu lintas adalah kawanan jalan ganjil genap mulai dari Sudirman Thamrin hingga Gatot Subroto. Usulan waktu pemberlakukan akan dimulai pada pukul 06.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Agar program tersebut berjalan dengan lancar, Pemda akan mengajak PT Trans Jakarta untuk bekerja sama sehingga bisa mempersiapkan shuttle bus dan layanan bus pengumpan atau feeder serta bekerja sama dengan pengelola gedung untuk fasilitas parker.

Pembatasan lalu linta untuk sepeda motor ini bukanlah menjadi yang pertama kalinya diterapkan di DKI Jakarta. Sudah ada beberapa kali pembatasan yang dilakukan seperti pada ruas jalan Bundaran HI sampai Medan Merdeka Barat sampai Bundaran Patung Kuda Monas yang sudah hampir 2 tahun diterapkan. Pemberlakukan ini sesuai dengan Perda No. 195 tahun 2015.