HPV, Virus Berbahaya Yang Menyebabkan Kanker

Berita Kesehatan Terbaru, Berita Kesehatan, Berita Kesehatan Terkini, Virus HPV, Human Papiloma Virus, Virus Penyebab Kanker, HPV Penyebab Kanker, Informasi Kesehatan

Pria Lebih Mudah Terinfeksi Virus HPV Dibandingkan Wanita

Berita Kesehatan Terbaru – Di Amerika Serikat, setidaknya satu dari Sembilan orang terinfeksi virus penyebab kanker yang dinamakan Human Papilloma Virus (HPV). Baru-baru ini, penelitian di Amerika Serikat mengatakan bahwa pria memiliki jumlah yang 3 kali lipat leboh banyak daripada wanita yangmana terinfeksi oleh virus HPV ini.

Penjelasan lebih lanjut, HPV merupakan salah satu penyakit menular seksual yang paling umum terjadi di masyarakat. Sebagian besar infeksi virus ini tidak menimbulkan gejala apapun dan bisa hilang sendiri. Namun mengerikannya, virus ini bisa menyebabkan kanker pada bagian penis, vagina, vulva, leher Rahim, anus, dan juga tenggorokan. Bahkan kutil pada alat kelamin dan juga lesi pada saluran pernafasan bagian atas juga bisa terjadi akibat virus ini.

Diantara semua orang dewasa di Amerika yang berusia antara 18-69 tahun, peneliti memperkirakan setidaknya ada 11 juta pria dan juga 3,2 juta wanita di seluruh Negara yang terkena infeksi HPV secara oral. Pria bisa lebih  beresiko terkena HPV oral saat mereka melakukan hubungan seks oral dengan pria lainnya atau dengan apsangan yang juga memiliki infeksi HPV kelamin.

Menurut Ashish Deshmukh, seorang peneliti kesehatan di University of Florida di Gainesville ini, meningkatnya infeksi HPV diantara pria ini dapat dijadikan alasan utama mengapa kasus kanker tenggorokan pada pria sekarang lebih sering ditemukan daripada kanker serviks pada wanita.

“Kami sudah memiliki vaksin HPV untuk anak laki-laki dan perempuan yang berpotensi untuk menurunkan tingkat munculnya kanker akibat HPV di masa depan, tapi serapan rendah vaksin diantara anak laki-laki dan ketidakseimbangan pemberikan vaksin tetap menjadi perhatian utama,” ujar Deshmukh lewat emailnya.

Berita Kesehatan Terkini – Deshmukh juga mengatakan, tepat di tahun lalu, hanya sekitar setengah anak perempuan yangmana lebih sedikit daripada anak laki-laki yang mendapatkan suntikan dua dosis yang diperlukan agar bisa memberikan perlindungan penuh terhadap HPV tersebut.

Sayangnya, meskipun vaksin HPV dapat mencegah tumor-tumor ini, vaksin ini hanya direkomendasikan untuk orang yang berusia 26 tahun dan banyak pria yang sudah terlalu tua untuk menerima suntikan tersebut.

Deshmukh kembali menjelaskan bahwa kondom merupakan cara yang paling tepat untuk menurunkan resiko transmisi HPV. Menurutnya pria dan wanita juga bisa mendapatkan pemeriksaan untuk kanker dubur, dan wanita juga bisa mendapatkan pemerikan kanker serviks untuk mendeteksi tumor lebih awal agar lebih mudah untuk diobati.