Ini Pesan-Pesan Terakhir Jonghyun SHINee Sebelum Bunuh Diri

Ini Pesan-Pesan Terakhir Jonghyun SHINee Sebelum Bunuh Diri

Efek Keracunan Karbon Monoksida Seperti Jonghyun SHINee

Berita Personil Shinee Pecinta K-pop dunia dihebohkan dengan kabar kematian salah satu anggota boyband terkenal asuhan SM Entertainment, Kim Jong-hyun atau akrab disapa Jonghyun SHINee.

Pria yang merupakan vokalis utama dalam grup SHINee itu ditemukan tewas di apartemennya yang terletak di kawasan Gangnam Gu, Cheongdamdong. Kematian Jonghyun pun telah dikonfirmasi kebenarannya oleh kepolisian setempat.

Jonghyun dinyatakan meninggal dunia pada Senin 18 Desember 2017, pukul 18.00 waktu setempat. Kakaknya mengatakan kepada media bahwa Jonghyun diduga tewas bunuh diri menggunakan briket batubara. Pasalnya, benda ini ditemukan menyala di dalam apartemen pemuda berusia 27 tahun itu. Karbon monoksida pun memenuhi ruangan.

Menjelang detik-detik terakhir kematiannya, Jonghyun sempat merekam sebuah video berdurasi 3 menit. Dalam rekaman tersebut, ia terlihat lemas dan berbicara lirih. Ia mengatakan bahwa ia amat “lelah” akhir-akhir ini.

“Rasanya seperti jatuh ke dalam kelesuan,” ungkapnya, dikutip dari Mirror, Selasa (19/12/2017).

Dengan mengenakan kaus hitam berleher tinggi dan rambut panjang yang tergerai di dahinya, Jonghyun bercerita tentang kesehatan mentalnya.

“Aku mencari jalan keluar untuk pulih dari depresi,” ucapnya.

Di akhir video, ia melambaikan tangan ke kamera selama beberapa detik, sebelum akhirnya berpose dengan satu tangan menutupi wajahnya. Ia terdiam.

Belum diketahui secara pasti dimana Jonghyun mengunggah video itu untuk pertama kali. Namun di YouTube, para pecinta K-Pop telah memviralkannya dan menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris.

Kabar Trending – Contohnya saja di akun milik K-Pop Culture News. Video berjudul “[Engsub] Shinee Jonghyun’s Last Goodbye Video to Fans: RIP 샤이니 종현 팬들과 마지막 SNS 소통 영상 ㅠㅠ무기력증에 빠졌어” itu telah ditonton sebanyak 260 ribu, mendapat 11 ribu likes dan 1000 komentar.

Media Korea melaporkan, kakak Jonghyun sempat menerima pesan teks bernada sedih dari adiknya. Ia meminta kakak perempuannya itu untuk “mengikhlaskannya pergi”.

“Sekarang sudah terasa semakin sulit. Biarkan aku kembali. Katakan kepada semua orang bahwa aku menderita. Itu pesan terakhirku.”

Selain kakaknya, Jonghyun juga mengirim sepucuk surat bunuh diri kepada temannya, lead singer Dear Cloud Jang Hee-yeon, yang lebih dikenal sebagai Nine9.

Surat terakhir Kim Jong-hyun yang disampaikan kepada temannya, Jang Hee Yeon, sebelum meninggal. (Twitter @OH_mes/Mirror)

Menurut laporan kepolisian Gangnam, Nine9 menerima surat itu beberapa hari sebelum konser tunggal Jonghyun, pada 9 Desember. Surat itu kemudian diserahkan kepada pihak agensinya agar Jonghyun bisa dibantu. Tapi nasi sudah jadi bubur. Nyawa Jonghyun tak bisa diselamatkan.

Kini, jenazahnya telah disemayamkan di Asan Medical Center, Seoul. Di sana, jasad Jonghyun akan dibaringkan selama tiga hari. Potret besarnya pun dipajang dengan dikelilingi bunga-bunga berwarna pink, kuning dan putih.

Sementara itu, kabar yang beredar bahwa pihak keluarga, kerabat, teman, dan anggota SHINee lainnya akan melaksanakan upacara penghormatan terakhir secara tertutup pada tanggal 21 Desember.