Lionel Messi Peraih FIFA Ballon d’Or 2015

Lionel Messi Peraih FIFA Ballon d’Or 2015

Messi Peraih Ballon d’Or ke 5 – Lionel Messi terpilih sebagai peraih Baloon d’Or 2015, Senin (11 Januari 2016) dinihari WIB. Sang Striker Barcelona itu menyingkirkan dua pesaing lainnya, Cristiano Ronaldo dan teman 1 teamnya Neymar Jr.

Penganugerahan FIFA Ballon d’Or 2015 tahun ini diadakan di Kongresshaus, Zuich, Acara ini dihadiri oleh tokoh sepak bola kenamaan diseluruh dunia.

Messi memang tampil luar biasa di tahun 2015 lalu. Ia sukses membawa Blaugrana meraih lima gelar sekaligus.

Untuk pelatih terbaik dunia katagori wanita dimenangkan oleh Jill Ellis. Ia terpilih setelah membawa Amerika Serikat menjadi juara piala dunia tahun lalu.

Sementara itu untuk pelatih terbaik dunia katagori pria dimenangkan oleh Luis Enrique. Pelatih Barcelona itu mengantarkan timnya meraih lima gelar, termasuk Piala Dunia Antarklub pada Desember lalu.

Lionel Messi Peraih FIFA Ballon d’Or 2015

Untuk pesepak bola wanita terbaik dunia jatuh pada Carli Llyod. Ia merupakan kapten timnas AS saat merebut Piala Dunia tahun lalu.

Sedangkan untuk tim paling fair play dimenangkan oleh seluruh klub yang berpartisipasi menangani banjir pengungsi akibat konflik di Timur Tengah. Namun penghargaan ini diwakili oleh eks gelandang timnas Jerman, Gerald Asamoah.

Daftar Lengkap Peraih Penghargaan FIFA:

FIFA Ballon d’Or: Lionel Messi
FIFA Women’s World Player of the Year: Carli Lloyd
FIFA World Coach of the Year (Pria): Luis Enrique
FIFA World Coach of the Year (Wanita): Jill Ellis
FIFA Puskás Award: Wendell Lira

Messi yang dinobatkan sebagai pemenang Ballon d’Or 2015 tampil sangat cemerlang di sepanjang tahun 2015. Dia membantu Barcelona meraih Treble dengan menjuarai La Liga, Liga Champions dan Copa Del Rey.

Messi memperbaiki catatan sebagai peraih Ballon d’Or terbanyak sepanjang sejarah. Total ayah satu anak ini sudah lima kali meraihnya. Messi unggul dua gelar dari Ronaldo, Marco van Basten, Michel Platini dan Johan Cruyff.