Presiden Tahun Baru di Taman Safari Bogor, Warga juga Ikut Antre Beli Tiket Masuk

Presiden Tahun Baru di Taman Safari Bogor, Warga juga Ikut Antre Beli Tiket Masuk

 

Kendaraan rombongan Presiden Jokowi meninggalkan Taman Safari Indonesia, Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/12/2017). (/Achmad Sudarno)

Presiden Inap di Istana Bogor Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengisi liburan panjang perayaan Natal 2018 dengan sejumlah kegiatan. Ia mengunjungi Taman Safari Indonesia, Bogor, Jawa Barat, Minggu siang.

Jokowi datang bersama rombongan, yang antara lain Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta kedua putranya Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, serta cucunya Jan Ethes Srinarendra. Orang nomor satu di Indonesia ini datang dengan pengawalan ketat Paspampres dan kepolisian setempat.

Di area wisata Taman Safari, Jokowi dan keluarga berkeliling melihat-melihat berbagai satwa yang dilepasliarkan di tempat itu.

“Iya tadi berkeliling cuma sebentar, lihat-lihat binatang,” kata Humas Taman Safari Indonesia Yulius Supriharjo, saat dikonfirmasi , Minggu (24/12/2017).

Dia mengatakan, sama dengan pengunjung lainnya, Jokowi dan rombongan menikmati panorama berisi aneka satwa itu dari atas kendaraan.

“Tidak sempet turun dari mobil. Rombongan langsung langsung meninggalkan Taman Safari,” kata Yulius.

Saat memasuki area Taman Safari, lanjut Yulius, rombongan Jokowi ikut mengantre di loket tiket.

Setelah dari Taman Safari, Jokowi bertolak makan siang di Restoran Raffles di kawasan Puncak, Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

1 dari 3 halaman

Jokowi dan Iriana

Kendaraan rombongan Presiden Jokowi meninggalkan Taman Safari Indonesia, Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/12/2017). (/Achmad Sudarno)

Kabar Trending – Tiga tahun lalu, menyambut sukacita perayaan ‎Natal, Taman Safari Indonesia atau TSI Cisarua, Bogor mendapatkan ‘kado Natal’ istimewa. Anggota keluarga baru lahir, seekor bayi Elephas Maximus Sumatranus atau gajah Sumatera jantan pada 21 Desember dan bayi Pongo Abelii atau orang utan Sumatera betina yang lahir 22 Desember 2014.

Direktur Utama Taman Safari Indonesia‎ Jansen Manangsang mengatakan, bayi orang utan lahir dari induknya Desi dan Oyong. Sedangkan bayi gajah Sumatera berasal dari Tini dan Kadir.

Kelahiran gajah ini merupakan kelahiran ke-25 setelah Anari, gajah betina yang diberi nama oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar beberapa waktu lalu.

“Dalam kesempatan istimewa ini, selain mengucapkan selamat Natal, Presiden RI Bapak Joko Widodo (Jokowi) juga berkenan memberikan nama kepada 2 satwa endemik Indonesia ini. Di mana sang bayi gajah jantan dinamai Jokowi. Sedangkan orang utan betina diberi nama Iriana,” ujar Jansen di penangkaran Gajah TSI, Bogor, Kamis 25 Desember 2014.

2 dari 3 halaman

Tambahan Koleksi TSI

Taman Safari diserbu wisatawan yang menghabiskan libur akhir pekan.

Jansen mengatakan, kehadiran Jokowi ‎dan Iriana menambah jumlah kelahiran satwa endemik di lembaga konservasi Taman Safari Indonesia. Kehadiran mereka merupakan sebuah kabar gembira di tengah maraknya konflik gajah dengan manusia.

“Kami sebagai lembaga konservasi akan terus berusaha untuk meningkatkan populasi mereka agar terlepas dari ancaman kepunahan. Dan semua ini tidak terlepas dari usaha dan kerja keras para keeper dan tim medis. Juga sesuai dengan moto Pak Jokowi, yaitu ‘Kerja, Kerja, Kerja’,” ujar dia.

Selain kedua satwa tersebut, lanjut Jansen, seekor ba‎yi simpanse juga lahir menjelang perayaan Natal, pada 24 Desember. Tak hanya itu, berbagai jenis burung Julang juga lahir.

Jansen menambahkan, selain penambahan koleksi satwa, pada musim libur akhir tahun ini juga akan ditutup dengan kemeriahan dan keceriaan yang istimewa. Di mana selama 25 – 27 Desember, Taman Safari Indonesia menyuguhkan parade Natal kepada pengunjung.

“Sedangkan pada malam puncak akhir tahun (Tahun Baru), kami juga menyuguhkan acara tutup tahun dengan tema ‘Power of Asia’ yang pastinya tak akan terlupakan,” pungkas Jansen.