Sayang Ahok untuk Anies Baswedan

Sayang Ahok untuk Anies Baswedan
Sayang Ahok untuk Anies Baswedan
Sayang Ahok untuk Anies Baswedan

Kabar Trending – Di tengah puing sisa penertiban Kampung Akuarium, Juhaeriyah tampak asyik mencuci cumi-cumi. Jenis hewan laut itu akan ia masak untuk makan bersama keluarganya.

Mande, begitu ia disapa, memilih tetap bertahan di lokasi itu setelah Pemprov meratakannya setahun lalu. Dia yang menetap selama 35 tahun bersama suami serta 10 anaknya itu telah menjadikan kampung Akuarium sebagai tempat primadona dalam mengisi kesehariannya.

Bersama beberapa warga lainnya, Mande nekat membangun kembali bangunan permanen dan semi permanen. Ada 90 bangunan tenda dan satu di antaranya berbentuk setengah permanen.

“Ini (bangunan) enggak langsung, mas. Enggak langsung jadi. Pelan-pelan kita bangun setelah diratain. Kalau dibilang dibangun setelah Ahok kalah, ya enggak bener,” kata Mande

Dia melanjutkan, pescapenertiban bangunan di tempat tersebut, tidak ada penjagaan dari Pemprov Jakarta. Selain itu, warga menilai tidak ada kejelasan peruntukan wilayah tersebut.

“Ini sudah satu tahun tanpa ada kejelasan untuk apa (lokasi penertiban), kami juga enggak tahu untuk apa (ditertibkan),” kata Mande.

Langkah warga yang nekat mendirikan bangunan tersebut membuat Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok meradang. Sang gubernur pun telah memerintahkan Wali Kota Jakarta Utara Wahyu Hariyadi untuk kembeli menertibkannya.

“Iya kami akan sikat aja udah,” ujar Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa 2 Mei 2017.

Dia mengungkapkan, sebenarnya Pemprov DKI telah memberikan solusi terbaik kepada warga Kampung Akuarium yang terkena penertiban. Namun solusi itu kurang mendapatkan sambutan dari warga.

“Sudah dikasih rusun kok, mereka saja yang enggak mau,” kata Ahok.

Ada tiga rusun tambahan yang telah disiapkan untuk warga Kampung Akuarium. Rusun itu berada di Jalan Raya Bekasi KM 2, rusun tambahan di Rusun Rawa bebek, dan rusun baru di Rusun Marunda baru. Sebelumnya mereka juga menghuni Rusun Marunda, Rusun Rawa Bebek, dan Rusun Cipinang.